-->

Sunday, February 15, 2015

Pertempuran Iwo Jima



Iwo Jima adalah sebuah pulau di wilayah Jepang yang terkenal karena menjadi tempat terjadinya Pertempuran Iwo Jima pada Perang Dunia II. Pertempuran ini menjadi penting karena menandai serangan pertama tentara sekutu di wilayah Jepang serta akibat begitu banyak korban yang jatuh.

Pertempuran Iwo Jima juga menjadi latar belakang salah satu foto paling ikonik yang menggambarkan enam orang tentara AS berusaha mengibarkan bendera.

Foto ini lantas memenangkan Hadiah Pulitzer dan sejak itu telah banyak direproduksi di seluruh dunia.

Pulau Iwo Jima terletak di Pasifik Barat. Bagi Jepang, Iwo Jima memiliki arti penting karena berfungsi sebagai peringatan dini tentang serangan bom atau invasi sekutu.

Mengetahui arti penting pulau ini, sekutu berusaha menguasai Iwo Jima sehingga bisa menggunakannya sebagai pangkalan untuk meluncurkan serangan udara.

Setelah banyak perencanaan, serangan bom intens yang diikuti dengan serangan amfibi mulai dilakukan pada bulan Februari 1945.

Pasukan Jepang berusaha mempertahankan Iwo Jima dengan gigih. Pihak Jepang sadar, kejatuhan Iwo Jima akan berarti ancaman langsung ke wilayah nasional Jepang.

Pertempuran Iwo Jima mengakibatkan korban besar di kedua pihak. Sekitar 20.000 tentara Jepang tewas dan hampir 7.000 tentara sekutu kehilangan nyawa, dengan 18.000 lainnya luka-luka.

Tingginya angka korban di pihak Jepang antara lain disebabkan kode kehormatan yang mereka ikuti untuk tidak menyerah dalam kondisi apapun. Mereka bahkan lebih memilih bunuh diri daripada harus ditangkap.

Meski dianggap penting, perebutan Iwo Jima tak luput dari kontroversi. Sebagian berpendapat korban yang jatuh tidak sepadan dengan apa yang diperoleh.

Pengkritik juga menyatakan upaya merebut Iwo Jima lebih diperuntukkan bagi propaganda dibandingkan tujuan militer murni.

Setelah berhasil direbut, Amerika Serikat terus menduduki pulau tersebut dan menjadikannya sebagai pangkalan hingga tahun 1968, sebelum dikembalikan ke Jepang.

Foto terkenal tentang prajurit Marinir dan Angkatan Laut yang berusaha mengibarkan bendera di Iwo Jima mengilhami pembuatan tugu peringatan di Arlington National Cemetery.

Dari enam orang yang tertangkap dalam foto, hanya tiga yang berhasil selamat dari perang.






sumber: http://www.amazine.co/25030/apakah-pertempuran-iwo-jima-fakta-sejarah-informasi-lain/
.

Advertiser