Sebab-Sebab Utama Perang Dunia I




Perang Dunia I dipicu oleh serangkaian faktor yang jauh lebih rumit daripada sekedar beberapa penyebab, Sementara terdapat rantai peristiwa yang langsung mengarah ke pecahnya perang, akar penyebab sebenarnya jauh lebih dalam dan masih menjadi topik perdebatan.


Daftar berikut merupakan penyebab paling populer yang dianggap sebagai akar penyebab Perang Dunia I:



1. Aliansi Pertahanan Bersama



Seiring waktu, negara-negara di seluruh Eropa saling membuat perjanjian pertahanan bersama yang pada akhirnya menarik mereka ke dalam perang dunia.

Perjanjian ini terutama berisi, jika salah satu negara diserang, negara-negara sekutu yang terikat dalam perjanjian harus turut membantu.

Sebelum Perang Dunia I, terdapat beberapa aliansi, diantaranya:

– Rusia dan Serbia
– Jerman dan Austria-Hungaria
– Perancis dan Rusia
– Inggris, Perancis dan Belgia
– Jepang dan Inggris

Austria-Hungaria pada awalnya menyatakan perang terhadap Serbia, yang disusul Rusia terlibat untuk membela Serbia. Jerman yang melihat mobilisasi Rusia lantas menyatakan perang terhadap Rusia.

Perancis kemudian menyusul terlibat melawan Jerman dan Austria-Hungaria. Jerman kemudian menyerang Perancis melalui Belgia sehingga menarik keterlibatan Inggris ke dalam perang. Jepang juga memasuki perang yang disusul Italia dan Amerika Serikat yang membela sekutu.





2. Imperialisme



Imperialisme terjadi ketika sebuah negara menguasai wilayah lain untuk kemudian mengambil kekayaan dari wilayah yang dikusainya.

Sebelum Perang Dunia I, Afrika dan sebagian Asia adalah titik perebutan antara negara-negara Eropa.


Mereka berebut daerah jajahan untuk mendapatkan berbagai bahan baku bagi keperluan negara penjajah.

Meningkatnya persaingan dan keinginan untuk memperbesar wilayah imperialisme turut mendorong dunia ke dalam Perang Dunia I.





3. Militerisme



Ketika dunia memasuki abad ke-20, perlombaan senjata juga dimulai. Pada tahun 1914, Jerman tercacat mengalami peningkatan kekuatan militer terbesar.

Inggris dan Jerman juga sama-sama berusaha meningkatkan kekuatan angkatan laut mereka.

Di sisi lain, khususnya di Jerman dan Rusia, kelompok militer mulai memiliki peran lebih besar dalam mempengaruhi kebijakan publik. Peningkatan militerisme akhirnya membantu mendorong pecahnya Perang Dunia I.





4. Nasionalisme



Secara khusus, faktor nasionalisme dipicu atas keinginan bangsa Slavia di Bosnia dan Herzegovina untuk tidak lagi menjadi bagian dari Austria-Hungaria melainkan menjadi bagian dari Serbia.

Namun, secara lebih umum, berbagai negara di seluruh Eropa juga berusaha membuktikan dominasi dan kekuasaan mereka. Nasionalisme yang saling berbenturan ini lantas memicu pecahnya perang.





5. Penyebab Segera: Pembunuhan Archduke Franz Ferdinand



Penyebab langsung dari Perang Dunia I yang menjadi katalis berbagai faktor sebelumnya adalah pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria-Hungaria.

Pada Juni 1914, seorang nasionalis Serbia membunuh Franz Ferdinand dan istrinya saat mereka berada di Sarajevo, Bosnia yang merupakan bagian dari Austria-Hungaria.

Pembunuhan ini dilancarkan sebagai upaya protes atas kontrol Austria-Hungaria pada wilayah tersebut. Pembunuhan ini menyebabkan Austria-Hungaria menyatakan perang terhadap Serbia.

Ketika Rusia mulai memobilisasi kekuatan karena aliansinya dengan Serbia, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia.






sumber: http://www.amazine.co/28300/5-penyebab-utama-terjadinya-perang-dunia-i/
.

0 Response to "Sebab-Sebab Utama Perang Dunia I"

Posting Komentar