-->

Sunday, December 21, 2014

[Foto] Serangan Jepang ke Pearl Harbor



Pada hari Minggu, 7 Desember 1941, Jepang melancarkan serangan mendadak pada armada Angkatan Laut Amerika Serikat yang berlabuh di pangkalan Pearl Harbor, Hawaii. 


Menyebabkan kematian 2.402 orang Amerika, melukai 1.282 lainnya, menenggelamkan empat kapal perang dan merusak banyak lainnya, dan menghancurkan 188 pesawat dan fasilitas bahan bakar dan amunisi.

Kerugian Jepang cukup 'ringan', yaitu 29 pesawat (dari total 441 pesawat yang menyerang) dan lima kapal selam mini hilang, dan 65 prajurit tewas atau terluka. Serangan tak terduga dari Jepang itu memaksa Amerika Serikat terjun ke dalam Perang Dunia II.




Pesawat tempur Mitsubishi A6M2 Angkatan Laut Jepang diluncurkan dari kapal induk Akagi (ini gambar serangan gelombang kedua).





Pesawat tempur Jepang bersiap lepas landas dari kapal induk Shokaku untuk menyerang Pearl Harbor.





"Serangan udara di Pearl Harbor. Ini bukan latihan". Kabar kilat dari Panglima Pasifik (CINCPAC) Amerika Serikat mengumumkan terjadinya serangan Jepang di Pearl Harbor.





Tidak hanya kapal perang yang bersandar di pelabuhan yang diserang Jepang dari udara. 188 pesawat AS hancur dan 159 lainnya mengalami kerusakan.





USS Arizona meledak di Pearl Harbor pada pukul 08:10. Setengah dari total jumlah korban pada hari itu berasal dari kapal perang ini.





Perahu penyelamat mendekati USS West Virginia (BB-48) yang hampir tenggelam saat terjadi serangan.





Pesawat pembom Jepang menukik setelah terkena tembakan senjata anti-pesawat. 29 pesawat Jepang jatuh selama serangan itu.





Pemandangan Pearl Harbor selama diserbu Jepang. Lihat banyaknya semburan senjata anti pesawat.





Sebuah PBY Catalina (pesawat amfibi) ditarik.





B-17 hancur setelah terkena serangan di lapangan terbang Hickam.





Rute yang digunakan armada Jepang untuk menuju Pearl Harbor.




(Kredit foto: US Navy)
.

Advertiser