-->

Tuesday, December 23, 2014

Bajak Laut Pertama yang Memakai Bendera "Jolly Roger"



John "Calico Jack" Rackham adalah seorang bajak laut Karibia yang terkenal karena desain Jolly Roger buatannya. Selain itu, Rackham dikenal sebagai kapten bajak laut yang memiliki kru dua orang wanita dimana salah satunya adalah istrinya sendiri. Ketenarannya sangat melegenda dan menginspirasi para bajak laut sesudah kematiannya.



Origins of John Rackham



Nama: John Rackham
Julukan: Calico Jack
TTL: Cuba, 27 Desember 1682
Daerah Pelayaran: Karibia
Pertempuran: Aksi 20 Oktober 1720

Sangat minim informasi mengenai kehidupan masa lalu Rackham. Diketahui bahwa Rackham lahir di Kuba namun tinggal di Inggris. Pada tahun 1718 Rackham bekerja sebagaiJurumudi di sebuah kapal perang Inggris bernama Neptune dibawah kendali Kapten Charles Vane.




Awal Karir Rackham

Suatu hari Kapten Vane merampok harta dari beberapa kapal di sekitar New York. Ketika hendak pergi, Neptune berpapasan dengan kapal perang Perancis yang berukuran dua kali lipat lebih besar dan dikejar. Kapten Vane memerintahkan anak buahnya untuk lari menghindari pertempuran. Namun tiba-tiba Rackham berseru bahwa mereka sebaiknya bertempur karena hal tersebut dapat membawa keuntungan besar. Dari total 90 kru kapal, hanya 15 orang yang menolak pendapat Rackham. Namun bagaimanapun juga, Vane adalah kapten mereka dan keputusan sang kapten adalah mutlak. Akhirnya mereka kabur didampingi dengan rasa kecewa.

Pada 24 November 1718, terjadi sebuah pergumulan diantara kru Vane. Mereka berpendapat bahwa kapten Vane adalah seorang pengecut. Kemudian mereka melakukan voting dan menyatakan bahwa Rackham sangat cocok sebagai kapten baru mereka. Akhirnya Rackham diangkat sebagai kapten sementara Vane diusir bersama para pendukungnya. Rackham memberikan Vane sebuah kapal kecil yang berisi suplai makanan dan amunisi lalu membiarkan Vane pergi. Sejak saat itu Rackham mendapat julukan Calico Jack karena kebiasaanya menggunakan pakaian berwarna calico.




Kapten Calico Jack

Dalam memulai karirnya sebagai kapten baru, Rackham merampas sebuah kapal Jamaika kecil yang bernama Kingston dan menjadikannya sebagai kapal induk. Kemudian Jack membuat desain bendera dengan kain warna hitam yang digambarkan sebuah tengkorak dengan dua pedang saling silang.

(NOTES: Desain ini yang kemudian menjadi inspirasi lambang bendera bajak laut sampai sekarang)

Mereka memulai pelayaran ke daerah Karibia dan merampas beberapa kapal besar di sekitar Bermuda. Pada awal 1719, Jack berlayar ke Nassau di kepulauan Bahama untuk menerima pengampunan resmi pemerintah dan mendapatkan komisi. Saat itu Gubernur Woodes Rogers bertugas untuk mengatasi masalah perompak di Karibia yang sedang merajalela.




Pertemuan Dengan Anne Bonny dan Mary Read




Jack bertemu dengan seorang wanita di bar yang diketahui dengan nama Anne Bonny dan mulai menjalin hubungan. Namun suami Anne mengetahui keterikatan Anne dan Jack. Jack kemudian menyatakan akan membeli Anne dengan paksa namun ditolak oleh Anne karena dia bukan binatang. Akhirnya Anne kabur bersama Jack dan bersedia ikut berlayar. Jack mendapatkan beberapa kru baru dan merampas sebuah kapal milik John Ham.

Mereka berlayar selama kurang lebih dua bulan dan sempat bertempur dengan beberapa bajak laut lain. Jack menjadi semakin kuat karena setiap memenangkan pertempuran, dia mengajak lawan untuk bergabung sebagai kru nya. Anne mulai memperhatikan pria lain yang dikenal dengan nama Read. Namun betapa kagetnya Anne ketika Read membongkar jati dirinya bahwa dia adalah wanita, namun hanya Anne yang tahu. Suatu hari, Jack yang sudah merasa cemburu ingin membunuh Read, namun akhirnya Read kembali membongkar jati diri kepada kepada seluruh kru. Akhirnya Jack menerima Mary Read untuk tetap berlayar bersamanya.




Akhir Karir Jack



Pada Oktober 1720, Jack berlayar disekitar Jamaika dan menyerang beberapa kapal nelayan. Tidak hanya itu, dia juga meneror penduduk sekitar pantai. Ketika Jack dan krunya sedang berpesta rum bersama beberapa orang Inggris, dia diserang oleh kapal perang yang dikirimkan oleh Gubernur Nicholas Lawes. Jack berserta kru nya ditangkap dan dibawa ke Jamaika dimana mereka akan diadili. Akhirnya pada 18 November 1720, Jack tewas karena hukuman gantung di Port Royale.




Calico Jack Di Era Modern

Calico Jack muncul sebagai inspirasi Calico Yorki dalam serial anime One Piece. Dalam One Piece, Yorki adalah seorang kapten bajak laut pemusik yang mengarungi Grand Line 50 tahun sebelum Luffy. Dimana salah satu kru nya yang bernama Brook akhirnya menjadi kru Luffy.






Calico Jack juga muncul dalam film bajak laut produksi Disney, yaitu Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl. Namun sayangnya Jack muncul sebagai mayat yang digantung saat Jack Sparrow datang di pintu masuk Port Royale. Bahkan Jolly Roger (bendera bajak laut) Black Pearl menampakkan keaslian Jolly Roger Calico Jack pada awal munculnya Black Pearl.






John 'Jack' Rackham muncul juga di game Assassin's Creed 4 Black Flag (tema bajak laut), dia mati di Kingston dihukum dengan cara dimasukan ke 'Gibbet'
semacam sangkar yang ukurannya pas untuk manusia agar tidak bisa leluasa bergerak, hanya bisa berdiri saja sampai mati terbakar matahari atau dehidrasi.



Selain itu Calico Jack muncul sebagai tokoh bajak laut di beberapa novel, games, film series produksi starz "Black Sails" (imdb), dan dalam komik Petualangan Tintin Calico Jack menginspirasi karakter bajak laut yang bernama Red Rackham.







sumber: 
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Calico_Jack
  • http://www.thepirateking.com/bios/rackham_calico_jack.htm
.

Advertiser