-->

Tuesday, April 26, 2011

Spahi



Spahi adalah salah satu dari beberapa kavaleri elit kelas ringan di masa Kekhalifahan Ottoman.
Namanya berasal dari Persia سپاه (sepâh, yang berarti "tentara") dan memiliki nama yang sama sebagai "sepoi" dalam istilah bahasa Inggris.

Spahi identik pada semua kavaleri tentara Ottoman. Spahi terbentuk menjadi dua jenis kavaleri: ada Spahi timarli (timariots) yang bersistem Feodal dan terdiri sebagian besar tentara Ottoman, dan satu lagi Sipahi reguler (Spahi Porte) dengan sistem gaji dan terdiri dari kavaleri pasukan Ottoman.






Spahi biasanya digunakan untuk mengawal konvoi Sultan dalam pertempuran. Namun jika digunakan dalam pertempuran, Sipahi merupakan lawan mengerikan bagi Kavaleri manapun dikarenakan senjata mereka seperti Arquebus yang termutakhir pada masanya.

Namun dikarenakan jumlahnya yang terbatas, banyak juga anggota spahi yang masih menggunakan perisai kecil dan panah yang sangat lentur untuk memudahkan mobilitas mereka. Sipahi juga menggunakan baju zirah yang cukup kuat dalam melawan kavaleri dan infantri lawan.





Nama "Spahi" juga adalah gelar yang diberikan kepada unit beberapa kavaleri tentara kolonial Perancis dan Italia selama abad 19 dan 20, dimana saat itu Perancis menjajahan dataran Afrika seperti Aljazair dan Senegal dan saat Perang Dunia I.



.



Advertiser