-->

Tuesday, April 26, 2011

Mortir



Mortir atau Mortar adalah senjata artileri dengan tabung pendek yang menembakkan peluru dengan kecepatan dan jarak jangkauan yang rendah.

Peluru yang diluncurkan mortir cenderung lambat, panjang tabung/slinder mortir yang pendek dan lengkungan sudutnya yang tinggi membuat mortir berbeda dari Artileri besar pada umumnya.

Pada era Kolonial Mortar yang berukuran besar sering dipasang pada Kapal Perang jenis Bom Vessel.

Jenis Mortir terbesar terdapat di Perancis, ada 3 yang masing-masing bernama Monster Mortar (910 mm digunakan saat pertempuran Antwerp pada tahun 1832 M), Mallet Mortar (910 mm), dan Little David (914,4 mm digunakan oleh Amerika Serikat saat Perang Dunia II). ke 3 nya masing-masing berkaliber 36 inci.

Monster Mortar
Little David
Mallet Mortar


Pada Perang Dunia I Mortar besar dilengkapi dengan gear dibawahnya agar bisa meluncurkan peluru ke berbagai arah. dan Mortar Portable pertama dikembangkan oleh Sir Wilfred Stokes pada tahun 1915 M yang disebut "Mortar Stokes" yang dimasa selanjutnya Mortar Portable banyak digunakan dan dikembangkan di peperangan Modern jaman sekarang karena murah dan mudah, bahkan dapat dibuat di rumah (home-made) oleh milisi untuk pemberontakan.

Mortar Parit

Stokes Mortar

Mortar 81 mm yang dipakai TNI


.

Advertiser