-->

Wednesday, March 16, 2011

Kereta Perang




War Chariot adalah kendaraan perang yang biasanya mempunyai 2 atau 4 roda yang ditarik oleh dua ekor kuda atau lebih. 


Tempat untuk pengemudinya berupa pijakan dengan perlindungan setinggi pinggang berbentuk setengah lingkaran di bagian depannya. Kereta perang adalah jenis pedati terawal dan yang paling sederhana. 

Kereta ini paling dikenal karena penggunaannya dalam perang, meskipun kendaraan ini juga sering digunakan untuk keperluan non militer pada masa kuno. Gerobak sapi, bentuk awal dari kereta perang, dibuat oleh orang India-Eropa dan juga digunakan di Mesopotamia sejak 3000 SM. 

Kereta perang dikemudikan oleh seorang Sais, digunakan untuk peperangan kuno pada abad-abad sebelum masehi, dengan dilindungi oleh perisai. Setelah tidak lagi berguna dalam perang, kereta perang terus digunakan untuk perjalanan, arak-arakan dan dalam olahraga dan balapan. 


roman chariot


Di Romawi kuno dan beberapa negara Mediterania kuno, kereta perang dengan 2 kuda disebut biga, 3 kuda disebut triga, dan 4 kuda disebut quadriga. Inovasi penting yang memungkinkan konstruksi kereta ringan untuk perang adalah penggunaan roda berjari-jari. 

Penggunaan pertama kereta perang dengan roda berjari-jari adalah pada sekitar tahun 2000 SM. Sementara puncak penggunaan kereta perang terjadi sekitar 1300 SM. Kereta perang tak lagi digunakan untuk keperluan militer sejak abad ke-4 M. namun balap kereta perang tetap populer di Konstantinopel sampai abad ke-6 M.




.

Advertiser