-->

Tuesday, March 3, 2015

10 Penemuan Bangsa India yang Masih digunakan Saat Ini




Kita mungkin tahunya sebagian besar barang-barang yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari diciptakan oleh bangsa Eropa. namun ternyata ada hal yang tak terduga yang kita warisi dari bangsa India. 



Bahkan penemuan yang mungkin terkesan modern pun ternyata sudah diciptakan bangsa India sejak ribuan tahun lalu. Nah apa saja penemuan itu? Mari kita simak bersama-sama!



1. Baju



Yap, baju yang kita pakai adalah warisan bangsa India guys. Bangsa India kuno adalah bangsa pertama yang memperkenalkan kain dari bahan kapas (katun). Bahkan wol pertama berasal dari Kashmir, India. Tak hanya itu, aksesoris baju seperti kancing baju juga berasal dari India. Kancing ditemukan sekitar 5.000 tahun lalu di Mohenjo-Daro dan dibuat dari cangkang kerang.




2. Dunia Kedokteran dan Rumah Sakit




Hippocrates boleh disebut sebagai bapak ilmu kedokteran, namun ilmu kedokteran zaman India kuno sudah sangat maju dibanding Eropa kala itu. Tabib-tabib India kuno telah mampu melakukan operasi katarak hingga operasi plastik! Sushruta, seorang tabib India, dikenal sebagai dokter bedah pertama yang tercatat dalam sejarah dunia. Bahkan pada abad ke-8, tabib-tabib India telah menemukan vaksin cacar. Ilmu-ilmu kedokteran yang mereka ciptakan dirangkum dalam kitab suci mereka Ayurvedha.


Konsep rumah sakit mungkin berasal dari kuil Asclepius, dewa kesehatan Yunani. Namun tentu saja perawatan yang diberikan masih berbau takhayul karena didasarkan pada penyembahan terhadap Dewa Asclepius. 

Rumah sakit dengan konsep modern pertama di dunia baru tercatat dari laporan seorang biksu Cina bernama Fa Xian pada tahun 400 M di India. Sistem yang dianut di rumah sakit ini miirp rumah sakit pada masa sekarang. Pasien yang merasa sakit datang, diperiksa oleh dokter, kemudian dirawat dengan obat2an dan makanan hingga sembuh, kemudian diperbolehkan pulang.




3. Berlian



Berlian bukan berasal dari Afrika guys, tapi dari India. Berlian pertama kali ditambang di India. Bahkan hingga abad ke-18, India adalah satu-satunya negara penghasil berlian sebelum akhirnya tambang-tambang berlian ditemukan di berbagai penjuru dunia. Selain sebagai batu berharga, kekuatan berlian yang mampu memotong apapun dimanfaatkan sebagai alat serbaguna.




4. Pelabuhan



Pelabuhan pertama di dunia terdapat di Lothal, india dan dibangun sejak 2.400 SM! Pelabuhan ini bukan pelabuhan sembarangan, sebab dari rancangannya terlihat jelas bahwa orang India kuno telah memperhitungkan secara teliti mengenai gelombang pasang, hidrografi, dan oceanologi.




5. Baja



Salah besar jika menganggap baja berasal dari zaman modern pada masa Revolusi Industri Eropa. Baja telah diciptakan oleh bangsa India kuno sejak 300 SM dengan cara meleburkan besi dengan karbon.




6. Tinta



Orang Cina kuno boleh menemukan kertas, namun orang India-lah yang pertama kali menemukan tinta pada abad ke-4 SM. Tinta berbahan dasar karbon ini sangat berguna untuk menulis manuskrip2 kuno.




7. Segala jenis permainan papan



Catur, ular tangga, dadu, kartu. Semua permainan itu berasal dari India kuno. Permainan catur berasal pada abad ke-7 M dan disebut “Chaturanga”. Sementara umur dadu lebih tua lagi sebab sudah ditemukan pada 3.000 SM.




8. Gula



Tanaman tebu secara alami berasal dari wilayah tropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bangsa India-lah yang pertama kali menemukan teknik pengkristalan (rafinasi) menjadi gula yang kita gunakan sekarang.




9. Penggaris



Yup, bukan orang Yunani rupanya yang menemukan penggaris berskala, melainkan orang-orang India kuno pada tahun 1.500 SM. Penggaris kuno ini dibuat dari gading dengan ketelitian 2 mm dan menjadi penyebab mengapa bangunan prasejarah di India dibuat dengan sangat presisi.




10. Angka 0 (nol)



Angka nol mungkin tak memiliki nilai, namun tanpanya, matematika takkan berarti banyak. Angka 0 pertama kali ditemukan oleh ahli matematika bernama Aryabhatta pada 650 M.







sumber: http://mengakubackpacker.blogspot.com/2013/08/asia-rulez-10-penemuan-india-yang-masih.html

.

Advertiser