-->

Wednesday, February 11, 2015

Revolusi Perancis




Revolusi Perancis dimulai ketika kaum revolusioner menyerbu penjara Bastille, Pada abad ke-18, Bastille merupakan penjara yang diperuntukkan bagi tahanan politik.


Bastille diserbu pada tanggal 14 Juli 1789 dan menjadi momen penanda dimulainya Revolusi Perancis.

Perasaan marah, rasa tertindas, dan kebencian terhadap kerajaan telah tumbuh di tengah-tengah masyarakat Perancis untuk waktu yang lama. Beberapa penyebab yang mendasari Revolusi Perancis adalah terjadinya ketidakadilan, kemiskinan, dan kekurangan pangan.

Pada abad 18, Perancis merupakan negara yang diperintah oleh feodalisme. Salah satu konsekuensinya, tidak terdapat kontrol keuangan negara yang memadai sehingga Perancis terjebak dalam utang dalam jumlah besar.

Masyarakat Perancis pada abad ke-18 dibagi menjadi tiga golongan. Golongan pertama terdiri dari pemuka agama. Banyak diantara mereka merupakan orang kaya dan pemilik tanah. Golongan kedua adalah kelas istimewa lain yang terdiri atas kaum bangsawan yang memiliki posisi tinggi sekaligus pengaruh besar. Sedangkan golongan ketiga adalah rakyat kebanyakan yang tidak memiliki kekayaan serta pengaruh.

Meskipun kebanyakan rakyat hidup miskin, mereka masih diharuskan membayar pajak yang tinggi oleh pemerintah. Hal ini pada akhirnya memicu ketidakpuasan dan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya revolusi Perancis.

Enlightment (pencerahan) juga sering dianggap sebagai salah satu penyebab Revolusi Perancis. Enlightment merupakan masa ketika orang mulai menyadari bahwa menggunakan akal tidak melanggar agama.

Di tengah-tengah orang yang frustrasi dan tidak puas terhadap pemerintah, popularitas filsuf yang mendorong orang untuk berpikir kritis dan bebas semakin meningkat. Ide tentang kebebasan dan kesetaraan menginspirasi masyarakat untuk memperjuangkan keyakinan tersebut.

Masalah kelaparan juga memperburuk keadaan. Akibat sektor pertanian yang salah urus, terjadi banyak kegagalan panen sehingga masyarakat pedesaan pindah ke Paris untuk mencari kerja.

Semua gabungan faktor-faktor tersebut memicu terjadinya Revolusi Perancis yang bersejarah. Kaum revolusioner akhirnya berhasil menumbangkan raja Louis XVI yang berkuasa pada saat itu.









sumber: http://www.amazine.co/17070/sejarah-perancis-3-penyebab-revolusi-perancis/
.

Advertiser