-->

Saturday, February 7, 2015

Ksatria Hospitaller



Knight Hospitaller, dikenal juga sebagai Ordo Hospitaller, adalah sekelompok tentara yang ditugaskan menjaga sebuah rumah sakit di Yerusalem yang didirikan oleh Gerard Blessed sekitar tahun 1023 M. Hospitaller juga terkenal dengan simbol salib putihnya.





Disana ada 2 ordo ksatria besar yang tumbuh berkembang: yaitu Ordo Santo Yohanes dan Ordo Santo Lazarus.

Kaum Hospitaller berkembang oleh karena kinerjanya di rumah sakit milik Almafi (sebuah kerajaan kecil di Italia) yang terletak di distrik Muristan, Yerusalem. untuk memberikan pelayanan bagi kaum gereja, orang sakit dan para peziarah Tanah Suci yang terluka. Setelah dikuasainya Yerusalem oleh tentara Kristen Barat di tahun 1099 M selama masa Perang Salib I, kelompok ini menjadi sebuah Ordo Keagamaan dan Ordo Militer yang diberikan tugas untuk menjaga dan mempertahankan Tanah Suci.




Setelah Perang Salib IX dimana Tanah Suci direbut kembali oleh tentara Muslim, ordo ini beroperasi dari Pulau Rodos, dimana wilayah itu adalah wilayah merdeka, dan kemudian dari Pulau Malta dimana mereka menjadi negara bawahan dibawah Raja negara bagian Spanyol di Sisilia.

Kekuatan ordo ini dilemahkan saat Malta direbut oleh Napoleon Bonaparte di tahun 1798 M dan mereka terpencar ke seluruh penjuru Eropa. Mereka memperoleh kekuatannya kembali selama abad ke-19 M saat ordo ini merubah tujuan keberadaan mereka ke tujuan-tujuan yang bersifat kemanusiaan dan keagamaan. Kepala 5 Ordo Santo Yohanes modern semuanya menegaskan bahwa Ordo Militer Malta Merdeka beraliran Katolik Roma dengan markas besarnya di Roma merupakan ordo asli dan keempat ordo lainnya yang beraliran Protestan berasal dari akas yang sama.

Cabang-cabang Protestan berpusat di Berlin (the Bailiwick of Brandenburg of the Order of Saint John), Den Haag (the Order of Saint John in the Netherlands), dan Stockholm (the Order of Saint John in Sweden), dan sebuah cabang di Inggris yang bangkit kembali berpusat di London (the Most Venerable Order of the Hospital of Saint John of Jerusalem).






.

Advertiser