-->

Saturday, October 29, 2011

Helm Morion dan Cabasset



Morion adalah jenis helm terbuka yang digunakan selama abad ke-17 dan awal 16, biasanya memiliki pinggiran datar dan puncak dari depan ke belakang. 

Morion seringkali diidentikan dengan pasukan Conquistador Spanyol, namun sebenarnya sudah umum digunakan oleh prajurit di Eropa.

Puncak atau sisir di bagian atas helm adalah ciri khas dari Helm itu. biasanya dilengkapi dengan pelindung pipi atau faceplates yang dapat dibongkar pasang, gunanya untuk melindungi prajurit dari luka pedang di wajah. 

Kata Morion berasal dari baju besi Kaum Moor dan namanya berasal dari Moro.

Beberapa Helm dan Armor Conquistador dipakai oleh penduduk asli Amerika pada akhir abad ke-19 sebagai perlindungan dari peluru dan juga tanda status yang tinggi.


Sebuah helm yang sama, Cabasset , diperkenalkan sekitar waktu yang sama di Italia . Seperti rekan Spanyol-nya itu dikenakan oleh infanteri dalam formasi tombak dan ditembak. Proyeksi tangkai-seperti di atas menyerupai buah pir, yang adalah bagaimana ia memperoleh nama . populer di Inggris abad ke-16 dan digunakan selama Perang Saudara. Beberapa helm ini dibawa ke Dunia Baru oleh ayah Pilgrim, dan salah satunya telah ditemukan di Pulau Jamestown.




.


Advertiser