-->

Thursday, June 9, 2011

Kapal Layar Fluyt



Fluyt (yang berarti fluit atau seruling) adalah kapal berlayar asal Belanda yang awalnya dirancang sebagai kapal kargo untuk pengiriman suplai dalam melintasi samudra pada abad ke 16 M.


Sebelumnya, kapal ini cenderung dibangun untuk melakukan peran ganda untuk pertempuran dan membawa muatan. Dengan demikian konstruksi mereka cukup kuat untuk membawa meriam, amunisi, dan pasukan. 

Fluyt sangat ringan dan murah dibangun, meskipun hanya bisa membawa persenjataan yang cukup untuk menangkis bajak laut. Untuk memaksimalkan kapasitas kargo dan meminimalkan ukuran awak, dek utama dibuat relatif kecil dan sempit, tapi lambung kapal dibuat mencuat ke sisi atau berbentuk seperti buah pir (jika dilihat dari belakang). 

Fluyt biasanya memiliki tiga tiang pendek yang memungkinkan memiliki kecepatan yang besar saat berlayar.




Desain Fluyt sebagian besar mirip dengan Galleon, memiliki panjang sekitar 80 m dan berat 200-300 ton, mereka beroperasi dengan awak sekitar 35 orang. Mereka bisa membawa dua kali kargo dengan setengah biaya. Pertama kali dibangun pada tahun 1595 M, mereka segera digunakan oleh Belanda untuk mendominasi perdagangan maritim internasional, dari laut Baltik sampai jauh ke Hindia Timur (Indonesia). 

Fluyt adalah kapal Favorit VOC (Kongsi dagang Hindia Timur) yang mendominasi perdagangan Timur hampir satu abad. Sementara pesaingnya yaitu Inggris butuh waktu yang sangat lama untuk mengadopsi dan memodifikasi desain kapalnya.




.

Advertiser