-->

Tuesday, May 17, 2011

Pedang Sabre



Sabre atau saber adalah pedang melengkung bermata satu yang memiliki pelindung tangan yang besar.

Kata saber berasal dari bahasa Hungaria, szablya ("alat untuk memotong"). Asal-usul pedang saber kurang jelas, mungkin perkembangan dari pedang falchion dan shamshir yang digunakan pada abad pertengahan oleh kavaleri Asia tengah seperti Turki, Tartar, dan Mongol. Saber pertama kali muncul di abad ke-10 M bersamaan dengan kedatangan orang-orang Magyar/Bangsa Hun/Hungaria di Eropa.

Pada awalnya saber digunakan sebagai senjata kavaleri, menggantikan pedang lurus. Saber digunakan secara besar-besaran pada awal abad ke-19, terutama pada Perang Koalisi, Napoleon pun menggunakan pedang ini untuk serangan kavaleri. Sampai saat ini saber masih digunakan sebagai status kepangkatan di dalam ketentaraan. 



Jika kita melihat defile prajurit Keraton Yogyakarta, selalu terlihat ada prajurit yang mengenakan senjata jenis ini, meski di Jawa jaman dulu sudah dikenal pedang Sabet yang mirip dengan senjata ini.

Saber pada saat ini juga dipakai dalam cabang olahraga anggar, floret dan degen. Meskipun bentuk tusukan pedang ini dibuat lebih langsing.





.

Advertiser