-->

Sunday, May 15, 2011

Hussar



Hussar adalah salah satu dari sejumlah jenis kavaleri ringan yang dibentuk di Hungaria pada abad 15 M, digunakan pula secara luas di seluruh Eropa dan Amerika Latin pada abad 18 M.


Hussar berasal dari sebagian besar prajurit Serbia yang menyebrang ke selatan Hungaria setelah invasi Turki di Serbia pada akhir abad ke-14 M. Gubernur Hungaria, Hunyadi János, menciptakan unit yang terinspirasi dari orang-orang Turki Ottoman.

Putranya, Hunyadi Mátyás, yang kemudian menjadi raja Hungaria, dikenal sebagai yang pertama membentuk pasukan ini. dibawah komandonya, Hussar mengambil bagian dalam perang melawan di tahun 1485 M dan terbukti berhasil melawan kavaleri Spahi dari Turki, pasukan Bohemia dan Polandia.

Setelah kematian Raja di tahun 1490 M, Hussars tetap menjadi unit kavaleri utama di Hungaria, dan juga menjadi tentara bayaran yang melayani Kekhalifahan Ottoman untuk berbagai medan perang di daratan Eropa khususnya di semenanjung Balkan. 



Hunyadi János (kiri) dan Hunyadi Mátyás (kanan)



Stefan Bathory, seorang pangeran Transylvania-Hungaria yang menjadi raja Polandia pada 1576 M membentuk Hussar sebagai Royal Guard negara Persemakmuran Polandia-Lithuania, mengubah Hussar menjadi kavaleri berat yang dipersenjatai dengan tombak pike sebagai senjata utama mereka dan menggantikan kavaleri Lancer.



gambar : Stephen Bathory (Duduk, Berjubah Emas) beserta pasukan Hussar bersayap (kanan)




gambar kiri : Seorang Hussar Hungaria yang bernama Kovács Mihaly (Michael de Kovats) dijuluki sebagai Bapak kavaleri AS, atas jasanya dalam membentuk pasukan kavaleri pertama AS pada tahun 1777 M.

gambar kanan : Polish Winged Hussar, terkenal dengan sayap yang berada di punggungnya, satu-satunya Hussar dengan jenis Kavaleri Berat


Hussar memainkan peran penting dalam Perang Koalisi/Napoleon (1796-1815 M) bagi negara Perancis, Austria, Prusia, dan Rusia. Hussar pada masa Napoleon menciptakan tradisi sabrage, yaitu pembukaan botol sampanye dengan pedang saat merayakan kemenangan.






gambar kiri : seorang Hussar Austria-Hungaria, Oberleutnant Hermann Fenz, foto diambil pada tahun 1905 M
gambar kanan : Cornet Henry John Wilkin, seorang Hussar Inggris dalam Perang Krimea (1853-1856 M).


Hussar pada abad 18-19 M masih digunakan dalam kavaleri, seperti Inggris (termasuk Kanada), Perancis, Jerman, Rusia, Belanda, Denmark, dan Swedia. Sampai akhirnya digantikan oleh Tank dan Mobil Tempur pada pertengahan Perang Dunia I. 

Di masa modern sekarang Hussar dikonversikan menjadi pasukan yang digunakan untuk mengawali Raja/Ratu, lengkap dengan baju besi sebagai Tradisi untuk melestarikan Hussar.






.



Advertiser