-->

Tuesday, April 12, 2011

Mangudai, Kavaleri Emas dari Mongol




Mangudai atau biasa disebut the Golden Horde Merupakan unit prajurit pemanah berkuda yang muncul setelah penyatuan Mongol oleh Genghis Khan. 



Kavaleri mongol adalah salah satu tolak ukur peperangan modern yang mementingkan penggunaan manuver dan mobilitas pasukan untuk mengalahkan pasukan musuh. Bukan hanya taktik perang yang sangat dinamis, pasukan mongol juga terkenal akan kebengisan dan kebrutalannya yang tidak pernah memberi ampun bagi musuh yang melawan mereka. 

Salah satu reputasi yang pernah dibuat adalah ketika Hulagu Khan menaklukan Baghdad yang merupakan ibu kota kekhalifahan Abbasiyah saat itu. Baghdad yang mungkin pada saat itu merupakan kota termaju di dunia, luluh lantak dan tak pernah lagi mencapai keadaan yang sama pasca penaklukan Mongol kala itu. 






Berbeda dengan kavaleri pada umumnya, Kavaleri Mongol terkenal sangat jago memainkan busur dan panahnya. Semenjak kecil mereka sudah dilatih untuk memanah dari atas kuda dengan tingkat dan kecepatan yang mengagumkan. Hal ini terbukti efektif untuk melemahkan infantri musuh yang tidak mungkin menyaingi kecepatan manuver kavaleri mongol yang sangat cepat dalam mengubah arah serangan dalam penyerbuan. 

Penaklukannya yang mencapai sebagian besar Asia, Eropa timur dan Timur tengah merupakan bukti nyata betapa tangguhnya pasukan Mongol pada masa kejayaannya.




.

Advertiser