-->

Wednesday, April 20, 2011

Kapal Layar Caravel




Caravel adalah kapal berlayar kecil yang digunakan untuk berdagang dan perang, digunakan oleh Bangsa Portugis pada abad ke 15 M untuk menjelajahi sepanjang pantai Afrika Barat dan Samudera Atlantik. 






Caravel ini dibuat berdasarkan dari desain perahu nelayan, yang digagasi oleh Pangeran Henry sang Navigator dari Portugal dan segera menjadi kapal yang lebih disukai penjelajah Portugis lainnya. Nama caravel berasal dari nama perahu Arab yang sebelumnya dikenal sebagai Qārib. 

Caravel dikenal sebagai perahu yang lincah dan lebih mudah untuk navigasi, dengan kapasitas 50 sampai 160 ton dan 1 sampai 3 tiang, dengan layar lateen yang berbentuk segitiga. Caravel bisa berlayar ke hulu di perairan pantai yang dangkal. Dengan layar lateen tersebut, sangat bermanuver dan dapat berlayar lebih dekat angin, sedangkan dengan tipe layar Atlantik persegi terpasang, itu sangat cepat. 

Karena pembuatannya yang murah, kecepatannya yang lincah, dan pemakaiannya yang mudah, Caravel dihargai sebagai kapal berlayar terbaik pada masanya. Namun juga memiliki kekurangan, yaitu kapasitasnya yang terbatas untuk kargo dan awak kapal.

Caravel kemudian digantikan oleh perahu Carrack/Nau yang ukuran dan kapasitasnya lebih besar lagi.




.


Advertiser