-->

Tuesday, March 1, 2011

Pengertian Infantri





Infantri atau Infanteri mengacu pada prajurit jalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan. Karena tidak dilengkapi kendaraan tempur, infanteri harus membawa sendiri semua perlengkapan yang dibutuhkan dengan tetap mempertahankan kemampuan tempur.

Unit ini dianggap sebagai tulang punggung militer dan menjadi andalan saat harus melakukan pertempuran satu-satu dan jarak dekat.

Infanteri dianggap sebagai cabang yang paling berbahaya dan melelahkan dari dinas militer standar. Sejarah mencatat bahwa jatuh bangunnya berbagai penguasa ditentukan oleh kontribusi dan pengorbanan infanteri.

Mulai dari pedang dan tombak hingga busur dan tombak, dari legiun Romawi hingga Abad Pertengahan, infanteri tidak pernah absen dalam menentukan jalannya suatu pertempuran.

Pada masa modern, infanteri tidak pernah kehilangan arti pentingnya. Saat serangan udara usai dilancarkan, infanteri harus segera masuk untuk menguasai wilayah sepenuhnya.




Tak jarang, penguasaan tersebut melibatkan pertempuran jarak dekat bahkan perkelahian satu lawan satu.

Banyak nyawa menjadi korban pada kedua pihak ketika kekuatan infanteri saling bertempur, membuat bertugas di divisi ini sangat berbahaya, sekaligus patriotik dan heroik.

Unit infanteri yang lebih kecil sering terlibat dalam patroli. Dalam beberapa kasus, patroli dikirim jauh ke belakang garis musuh untuk mengumpulkan intelijen atau menangkap patroli musuh.

Dalam kasus lain, patroli mungkin dikirim ke barisan belakang untuk menangkal penyusupan atau serangan oleh pemberontak lokal.

Mengejar musuh yang melarikan diri, mengawal kendaraan lapis baja, dan konstruksi infrastruktur merupakan bentuk kontribusi lain yang bisa dilakukan oleh infanteri.

Infanteri modern umumnya diangkut ke medan perang oleh pesawat atau helikopter dan sering didukung oleh artileri, pesawat, dan kendaraan lapis baja.

Peralatan dasar infanteri meliputi alat pelindung, senjata, peralatan hidup, dan peralatan khusus seperti alat komunikasi.

Senjata yang biasa ditenteng infanteri meliputi senapan serbu, senapan mesin, peluncur roket portabel, peluncur granat portabel, dan jenis senjata ringan lain.





sumber:
  • http://www.amazine.co/25291/apa-itu-infanteri-fakta-sejarah-informasi-lainnya/
  • id.wikipedIa.org/infanteri
.

Advertiser