-->

Friday, March 11, 2011

Battering Ram



Battering ram atau Pendobrak adalah mesin perang yang berasal dari zaman kuno dan dirancang untuk mematahkan dinidng atau pintu gerbang benteng musuh, yang digunakan sejak jaman romawi kuno dan juga pada abad pertengahan.

Dalam bentuk yang sederhana, seperti palu godam yang besar, digotonh oleh beberapa orang untuk mendorong dengan kekuatan tertentu, ram dapat merusak target jika godam itu besar dan diayunkan dengan cepat.

Rams terbukti efektif senjata perang karena dinding batu bata dan 
bahan bangunan lainnya lemah dalam ketegangan, dan karena itu rentan untuk retak ketika terpengaruh dengan kekuatan yang cukup. Dengan pukulan yang berulang, celah-celah akan tumbuh terus sampai lubang dibuat untuk masuknya pasukan infantri dan kavaleri masuk ke dalam benteng.

Semakin besar berat ram, semakin cepat kerusakan yang ditimbulkan pada dinding targetnya, bahan yang berbeda akan berperngaruh juga terhadap cepatnya. Jika dinding terbuat dari granit yang keras akan menimbulkan lambatnya kerusakan dibandingkan dengan dinding yang dibuat dari batu kapur lunak atau batu bata lumpur.

Versi ram di jaman sekarang lebih sederhana lagi, biasanya digunakan oleh aparat penegak hukum atau polisi dan militer untuk mendobrak pintu-pintu yang terkunci agar terbuka.




penggunaan ram di jaman sekarang




.


Advertiser